Pengusaha Muslim

Sebagai pengusaha kita tentu sangat senang ketika usaha kita maju secara pesat. Namun, sebagai seorang muslim/ah, kita juga mesti sadar bahwa dalam usaha kita mesti memahami etika agar tidak menyesal di kemudian hari. Sodara/i ku, dalam berwirausaha terutama bagi kita yang merasa Pengusaha Muslim, tentu yang kita akan fokuskan bukan hanya masalah untung dan rugi melainkan Surga dan Neraka.

Lalu seperti apakah pengusaha muslim itu?

Menjadi pengusaha muslim itu bukan hanya sekedar menggunakan bahasa arab bahkan membawa nama Allah untuk dijadikan merk dagang kita. Ketika kita menjadi pengusaha muslim, ketika kita akan membuat sebuah tindakan (dalam berwirausaha) tentunya kita akan berpikir apakah tindakan yang akan saya lakukan ini dapat merugikan orang lain atau melanggar aturan agama? Jika yang kita pikirkan hanya materi, apa bedanya kita dengan orang kafir?

Dalam hal ini, Rasul memperingatkan dalam sebuah hadits sebagai berikut :

“Janganlah kamu merasa bahwa rezekimu datangnya terlambat, karena sesungguhnya tidaklah seorang hamba akan meninggal, hingga telah datang kepadanya rezeki terakhir (yang telah ditentukan) untuknya. Maka, tempuhlah jalan yang baik dalam mencari rezeki, yaitu dengan mengambil yang halal dan meninggalkan yang haram.” (Hr. Abdur Razaq, Ibnu Hibban, dan al-Hakim)

Bagi orang yang bertawakal dan merasa yakin bahwa Alloh sudah menyediakan rizki untuknya, tentulah dia tidak akan melakukan hal-hal yang dilarang oleh ajaran islam. Tidak menyikut teman sendiri dan siap bersaing secara sehat. Sodara/i ku cobalah untuk membuang filsafat ngawur “yang haram aja susah apalagi yang halal” sungguh Alloh akan berikan sesuai dengan yang disangkakan oleh hamba-hambanya. Ketika hambanya berpikir bahwa usahanya susah berkembang, maka usahanya akan benar-benar tidak berkembang. Tetaplah semangat dalam berikhtiar dengan dibarengi ketawakalan yang penuh terhadap Allah Subhanahu wa ta’ala dan jika sendainya usahamu belum selancar yang kamu bayangkan, maka bersabarlah sesungguhnya kamu sudah mengantongi pahala dari setiap usahamu.

Semoga bermanfaat 🙂

Advertisements
This entry was posted in Perjalanan and tagged , , , , , , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s