Pengalaman pertama bareng Manjaro

Assalamu’alaikum warahmatullohi wa barokatuhu…

Lama jua saya tak posting artikel maklum semua karena terbatasnya kuota (kalo orang waktu kalo saya kuota) -_-. Kali ini saya memiliki pengalaman baru di mana saya baru saja migrasi sistem operasi dari debian ke manjaro.

Alasa hijrah dari sistem operasi yang sudah cukup lama menemai saya ini dikarenakan konsep Manjaro yang mengikuti indukannya yaitu Arch menggunakan konsep Rolling Release dimana saya tidak perlu melakukan INUL (Install Ulang) ketika saya ingin memperbarui sistem hanya cukup dengan mengupdate aplikasi yang sudah ada. Debian memang terdapat beberapa versi dan termasuk setiap rilis mengeluarkan versi rolling release juga yaitu Debian Testing. Hanya saja, entah kenapa saya lebih tertarik untuk menggunakan manjaro saja.

Seperti halnya distributor linux lainnya, Manajaro juga memiliki varian yang disesuaikan dengan desktop environment bawaannya seperti XFCE, GNOME, KDE hanya saja saya menggunakan vari dari Community Edition yang tidak disediakan di situs manajaro resminya dan saya memilih Manjaro Budgie yaitu dengan Budgie DE sebagai desktop environmentnya.

Catatan Pengalaman :

  1. Budgie termasuk desktop yang komplex jadi saya kurang begitu nyaman maka dari itu saya pasang lxqt sebagai desktop utama yang saya kenakan,
  2. Lightdm nya sangat menyebalkan karena saat load ke lightdm layar blank sangat lama hingga akhirnya saya pasang gdm sebagai display manajer utamanya,

Hanya itu saja sih hihihi… lainnya ya seperti biasanya saat pake Debian dan setelah lxqt terpasang tampilan tetap cantik dan ringan hehe…

Semoga bermanfaat dan tidak dianjurkan nanyain screenshot karena blog ini memang ditargetkan tidak terlalu banyak menggunakan gambar 😀

This entry was posted in Sistem Operasi and tagged , , , , , , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

