MLM Syar’i

terlepas dari rizki itu alloh yang ngatur atau tentang ketawakalan dan sistem ke agenan bus dll.

semisal saya buka jasa agen tiket bus tiba2 ada yang bangun agen tiket bus dengan po yang sama semisal po.semriwing. Tentu saja saya akan merasa tersaingi dan kurang welcome dengan agen baru tersebut karena ada orang sebelahan bikin agen sama dengan jurusan sama pula.

Hebatnya MLM mereka malah ngajakin keluarga, tetangga dan masyarakat sekitar untuk gabung walaupun dia sadar kelak yang dia ajak akan menjadi kompetitornya. Lah ntar yang pake jasanya siapa? apa iya kita buka agen tapi ita jua yang make?

Di MLM, meski produk laku keras tapi tidak sanggup dapetin downline, maka dia dianggap tidak berprestasi. Sedangkan yang barangnya tidak laku satupun tapi sanggup merekrut banyak downline, dia dianggap berprestasi dengan hadiah seperti rumah, umroh dan lainnya.

ini salahsatu bukti bahwa produk itu hanyalah kamuflase kerna yang sebenarnya yang bikin mereka semangat dan mau gabung dengan MLM adalah mencari downline dengan penghasilan yang tidak pasti jika dia berhasil, maka dia untung jika tidak berhasil dapatin downline maka dia merugi. bagaimana jika seandainya para member merasa jenuh dan bisnis MLM ini hancur? maka yang paling rugi adalah yang paling bawah sedang yang atas dan paling atasnya sudah jauh2 hari nangkring bernsatai-santai ria.

Terlepas dari siapa yang membuat usaha MLM ini. Mau Ustad bahkan kyai tersohorpun ya kita mesti sadar MLM tetaplah MLM. Dulu ada bank syariah namun sistemnya tetap konpensional jika diibaratkan cuma dikasih hijab aja biar terkesan syar’i.

* Masih minat ngprospek saya

MLM = Ghoror dan Dzalim

Advertisements
This entry was posted in Perjalanan and tagged , , , , , , , , , , , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s