Hati-hati dalam belajar dan mengajarkan ilmu

Beberapa waktu lagu saya chating dengan salahsatu sodara saya yang jauh di sana. Beliau bertanya soal pekerjaan saya dan kaget ketika mendengar saya yang ternyata masih nganggur. Memang sayapun malu ketika ditanya semacam itu, kerana sayapun sudah berusaha mencari kerja bahkan saking lelahnya saya mulai males untuk menulis kode program lagi seakan saya sudah pasrah (bikin lupa semua kode program -_-).

Singkat cerita, beliau mengajarkan kepada saya sebuah ilmu yang bisa membantu melancarkan rizki yaitu beliau menyarankan saya untuk membaca surat al-fatihah sebanyak 200kali. Sayapun balik nanya bukannya hadits yang benar dan sesuai itu dengan memperbanyak “istigfar” itupun tidak dibatas harus berapa? Perbincanganpun diskip dan bubar (-_-.)

Dalam disiplin ilmu, kita tentu tahu bahwa kita tidak boleh sembarangan dalam mengembangkannya terutama Ilmu agama yang sudah sangat sempurna disampaikan oleh Allah melalui  Al-quran dan Rasulnya? Kita memang seorang muslim dan islam adalah agama kita tapi bukan berarti kita bisa bebas mengembangkannya, sekalilagi saya ucapkan Islam itu sudah sempurna tak perlulah kita menambah-nambah dan menguranginya.

Terkadang seseorang kreatif dalam mengembangkan ibadah dengan membuat tatacara yang tidak diajarkan oleh Allah dan RasulNya, atau menentukan waktu yang tidak pernah ditentukan oleh Allah dan RasulNya dan tempat atau menentukan jumlah yang tidak pernah ditentukan oleh Allah dan RasulNya.

Kerjakanlah semua ibadah sesuai dengan ketentuan yang sudah ditetapkan oleh Allah dan RasulNya dan carilah Ilmu dengan baik dengan diawali dengan mencari seorang Guru yang benar-benar berilmu dengan quran dan hadits sebagai landasannya.

Semoga bermanfaat…

This entry was posted in Bahan Renungan, Perjalanan and tagged , , , , , , , , , , , , , , , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

