Jadilah tetangga yang baik

Dalam kehidupan bertetangga tentunya kita tak ingin terjadi hal-hal buruk seperti saling menjelek-jelekan, memfitnah bahkan saling bunuh membunuh seperti banyak berita yang tersebar di media. Tatkala bertemu kita saling bertemu bahkan saling mengucapkan salam tapi ketika tetangga kita tidak ada kita saling menjelek-jelekan. Lalu untuk apa kita mendoakan tetangga kita jika ujungnya kita melukainya dengan kata-kata yang keluar dari mulut kita?Ada sebuah hadits yang diriwayatkan oleh Al-Hakim dalam Al-Mustadrak dan dinilai sahih oleh al bani dalam sahih adabil mufrad.

Dari Abu hurairah, ia berkata “Ada seseorang yang bertanya kepada Rasul Shalallahu ‘alaihi wa sallam,

“Wahai Rasulullah, si fulanah sering melaksanakan shalat di tengah malam dan berpuasa sunnah di siang hari. Dia juga berbuat baik dan bersedekah, tetapi lidahnya sering mengganggu tetangganya.”

Rasul menjawab :

“Tidak ada kebaikan di dalam dirinya dan dia adalah penduduk neraka.”

Para sahabat lalu berkata :

“Terdapat wanita lain. Dia (hanya) melakukan shalat fardhu dan bersedekah dengan gandum, namun ia tidak mengganggu tetangganya.”

Rasul bersabda :

“Dia adalah dari penduduk surga”

Dari hadits di atas, kita bisa menyimak tentang suatu perkara yang sangat ringan di mata manusia namun efeknya subhanallah sangatlah mengerikan. Kita tentunya tak mau jika semua amalan kita musnah begitu saja hanya kerana sepatah dua patah kata. Maka dari itu, marilah kita mulai belajar untuk berbuat baik dan adil secara ikhlas dan tidak dibuat-buat kepada tetangga-tetangga kita tanpa perlu adanya pembedaan kerana masalah kedukukan dan jabatan.

Semoga bermanfaat.

 

Advertisements
This entry was posted in Kisah and tagged , , , , , , , , , , , , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s