Haramkah rokok?

Banyak teman-teman saya yang pandai dan paham betul dengan agama namun dia perokok. Loh koko bisa? yah begitulah, mereka mempunyai pendapat jika tidak hukum yang mengharamkan rokok dengan bukti-bukti tidak adanya ayat atau hadits yang membahas tentang rokok. Perlu kita ketahui, tidak semua ayat dan hadits itu bersifat khusus layaknya khomr dan riba yang memang ada hukumnya tapi adapula ayat dan hadits yang bersifat umum salahsatunya adalah rokok.

Sebagai muslim yang taat, kita dipenrintahkan oleh Alloh untuk tidak mendzolimi orang lain. Jangankan oranglain, mendzolimi diri sendiri saja tidak boleh. Lalu bagaimana dengan rokok?

Dalam rokok terdapat berbagai macam zat berbahaya yang bisa membahayakan sipelaku selain itu juga membahayakan orang sekitar. Ketika seseorang merokok, dia sedang memasukan racun ke dalam tubuhnya dan ketika asap rokok keluar dari mulutnya, dia sedang mengeluarkan racun rokok ditambah dengan penyakit yang dia miliki dalam tubuhnya itulah salahsatu alasan bahwa perokok pasif lebih berpotensi terserang bahaya rokok timbang sipelakunya.

Mari kita simak sebuah hadits yang diriwayatkan oleh Ibnu Hibban yang di sahihkan oleh Syuaib al-Arnauth

“Orang yang beriman itu seperti lebah, dia tidak makan kecuali yang baik, dan tidak mengeluarkan sesuatu kecuali yang baik.”

Semoga bermanfaat…

 

Advertisements
This entry was posted in Bahan Renungan and tagged , , , , , , , , , , , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s