Di balik kata IKHTIAR

Izinkan saya bercerita sebuah kisah pendek yang semoga bisa kita ambil sebagai pembelajaran.

“Ada seorang pemuda yang luarbiasa susah payah dia mencari rizki. Ketika teman-temannya sudah berjalan jauh di depannya, dia masih tertatih-tatih mencari rizki. Kerana rizkinya sangat seret di mata saudara dan temannya, beberapa menawarkan pekerjaan untuknya yang sangat disayangkan bertentangan dengan keyakinan yang selama ini diyakininya seperti tawaran untuk bekerja di bank, pabrik rokok, bermain forex bahkan sistem MLM (yang katanya syariah) dan sedang booming. Dan yang lebih nyeleneh lagi, ada seseorang yang ngaku pinter (paham hal goib) berkata bahwa dia sedang dihalang-halangi oleh orang yang kurang suka terhadapnya sehingga rejeki dia menjadi seret dan menawarkan diri untuk mengobatinya, namun sekali lagi dia menolak tawaran baik mereka?”

Baiklah… Mungkin kita sering lihat di koran-koran tentang iklan seorang dukun atau dukun yang berkedok kyai dan mengaku bisa memperlancar rizki dengan kata-kata lembut nan menggoda yaitu ikhtiar. Mari kita renungan sejenak, apakah melawan hal yang dilarang Alloh itu adalah termasuk ikhtiar?

Selain ikhtiar, kita tentu harus bertawakal kepada Alloh selaku pemegang segalanya. Kita haruslah berhati-hati dalam berikhtiar jangan kerana merasa terhimpit lalu kita menggadaikan akidah kita dengan memakan rizki haram bahkan mendekati kesyirikan.

Ada anaologi yang indah

“Seseorang yang terkenal pandai sekali memancing, dia bergegas pagi sekali ke suatu kolam yang terdapat banyak sekali ikan dan terkenal kerana ikannya yang sangat ganas diapun pergi dengan membawa joran dan pakan yang sangat bagus dan menjamin membuat ikan semakin galak dalam menerkam mangsanya. Namun sayang, hingga sore hari dia tidak mendapat satupun ikan dan terpaksa dia harus pulang dengan tangan hampa”

Tatkala kita berikhtiar, sekali lagi kita harus bertawakal jangan sok kePEDEan kerana ilmu kita yang mempuni, kepandaian kita yang luarbiasa banyak sampai-samapai kita lupa pada Alloh.

Semoga bermanfaat…

Advertisements
This entry was posted in Perjalanan and tagged , , , , , , , , , , , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s