Bersabar dan Bersyukurlah

Dalam kehidupan ini, kita diberi beberapa macam jenis kenikmatan yang di mana setiap orang diberi berbeda-beda. Mungkin ada yang diberi kesihatan namun dia tak bisa menikmatinya dikarenakan sakit. Atau juga ada yang diberi kesihatan namun dia tak memiliki harta benda. Dan ada juga yang diberi kenikmatan kesehatan dan kekayaan. Tak bisa dipungkiri memang, kekayaan merupakan salahsatu kebahagiaan kerana kita selaku menusia memiliki emosi dan nafsu yang luar biasa.Baiklah, kita bisa lihat dua kisah dengan cerita yang jika diibaratkan seperti langit dan bumi yaitu kisah Nabi Ayub dan Sulaiman.

Kita bisa melihat perjalanan hidup nabi ayub yang diberi ujian oleh Alloh SWT dengan penyakit dan kemiskinan bahkan diusir. Namun apa yang terjadi, apakah ayub mengeluh dan membenci Alloh SWT? Ternyata tidak, beliau senantiasa bersabar dan hingga akhirnya Alloh menyembuhkan penyakitnya.

Sebaliknya, Alloh berikan banyak kenikmatan kepada sulaiman dengan kesihatan dan istana yang sangat megah. Apakah sulaiman takabur layaknya fir’aun dan qorun? Ternyata beliau tetap bersyukur kepada Alloh SWT kerana dia sadare bahwa semua yang dia miliki merupakan pemberian dari-Nya.

Dua kisah ini memberikan pelajaran bagi kita agar senan tiasa selalu bersabar dan bersyukur kerana dengan sabar dan syukur insyaalloh kita akan selalu dirahmati-Nya, hidup tenang dalam berjuang tanpa banyak mengeluh apalagi mengeluh kepada selain Alloh yang hingga akhirnya terjadi sebuah kesyirikan seperti meminta-minta ke dukun , kuburan dan lainnnya.

Advertisements
This entry was posted in Bahan Renungan and tagged , , , , , , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s