Kisah Pemilik Kebun

Abu Hurairah RA pernah menyebutkan dalam hadits yang diriwayatkan oleh Muslim, tatkala seseorang yang sedang berlajan di tengah padang pasir yang tandus yang tak mungkin bisa tumbuh tumbuhan-tumbuhan di tempat tersebut dan tak adapula tanda-tanda kehidupan. Namun, ketika dia menatap awan, tiba-tiba dia mendengar suara keluar dari gumpalan awan “wahai awan pergilah mengarah ke kebun si fulan” lalu awan bergerak untuk pergi ke suatu tempat dan menghujani tempat tersebut. Maka orang ini bertanya-tanya maka dia ikuti ke mana awan ini berjalan dan menurunkan hujan, hingga sampailah dia menemui sebuah oase dengan air yang banyak yang ternyata oase ini mengaliri air ke sebuah kebun hingga akhirnya diapun mendekati kebun tersebut.

Ketika dia memasuki kebun tersebut, dia menemui ada seseorang yang sedang bekerja di kebun dan diapun bertanya kepada petani tersebut “Wahai sodaraku apakah engkau si fulan?“. Yah, nama saya si fulan, bagaimana anda bisa tau? “jawab pak tani”. Diapun katakan “AKu mendengar namamu di langit diucapkan Wahai awan datanglah dan hujani kebun si fulan“.  Kalopun boleh bertanya, apakah gerangan yang membuat rahmat Alloh mengucur kepadamu?

Maka pemilik kebun ini menjawab, subhanallah… kalaulah memang aku boleh menjawab, maka sungguh hasil dari kebunku ini kubagi menjadi tiga bagian. Sepertiga hasilnya kusedekahkan di jalan Alloh SWT, sepertiga hasilnya untuk kumakan bagi diriku anak dan istriku sekeluarga, dan sepertiga lainnya aku gunakan untuk kembali bercocok tanam, membeli pupuk, kepada kebun ini juga.

Tatkala orang memandang sebuah padang pasir yang tak ada kehidupan, Alloh merahmati seseorang yang senantiasa bersyukur pada-Nya dengan menggiring awan untuk menghujani kebunnya sehingga pepohonan berbuah dengan ranumnya, kisah ini mengajarkan kepada kita sungguh alloh akan menambahkan nikmat kepada orang-orang yang selalu bersyukur dan bagaimana cara bersyuklurnya? bersedekahlah… 🙂

Advertisements
This entry was posted in Kisah and tagged , , , , , , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s